Monday, July 1, 2013

Tips Panduan Pengolahan Lahan untuk Tanaman Kembang Kol

Tips Panduan Pengolahan Lahan untuk Tanaman Kembang Kol

Pengolahan Lahan untuk tanaman kembang kol merupakan syarat penting dalam sumberdaya alam fisik dalam usahatani. Pendayagunaan lahan atau tanah memerlukan pengelolaan yang tepat dan sejauh mungkin mencegah dan mengurangi kerusakan sehingga dapat menjamin kelestarian sumber daya alam tersebut untuk kepentingan generasi yang akan datang. Pada sistem lingkungan tanah, usaha-usaha yang perlu dikerjakan ialah rehabilitasi, pengawetan, perencanaan dan pendayagunaan tanah yang optimum ( Soerianegara, 1977 ).

Apabila pengolahan tanah secara lestari telah dikuasai masyarakat pedesaan, maka tidak akan ada kritis mata pencaharian yang menyebabkan tanah menjadi kritis. Pengendalian teknologi pengolahan tanah secara lestari adalah sederhana, tidak memerlukan peralatan serba modern (canggih) dan pendidikan tinggi. Azas pengelolaan lahan adalah menciptakan lingkungan perakaran yang dalam, mempertahankan kemampuan tanah menyimpan air dan mengedarkan udara, tindakan terakhir adalah memperkaya tanah dengan zat hara tersedia untuk akar. Zat hara tersebut didapat dari pupuk buatan, pupuk kandang (kotoran ternak) dan mulsa atau pupuk hijau. ©2004 Digitized by USU digital library 1
Tujuan ; Pengolahan tanah adalah agar tanah jadi gembur, subur banyak mengandung/menyimpan unsur hara, mudah untuk pertumbuhan tanaman serta mudah untuk berkembangnya perakaran tanaman.

Proses pengolahan; Tanah yang sudah kosong kering (tanpa ada tanaman) diolah pada kondisi kering sebelum musim hujan dengan cara dicangkul, dibajak/traktor, atau dibalik menggunakan garpu terlihat bongkahan-bongkahan tanah. Untuk tanah kering yang masih banyak gulma kita perlu melakukan pembersihan gulma dengan cara dibabat, dicabut sehingga bebas dari tanaman/gulma, selanjutnya tanah diolah dengan dicangkul atau ditraktor kemudian diberi bahan organik (pupuk hijau, pupuk kandang, kompos) sebanyak 12,5-17,5 t/ha. 
Setelah ada hujan/musim hujan tiba tanah di di olah kembali dengan cara dibajak ulang, digaru untuk menghancurkan bongkahan-bongkahan tanah hingga rata. Atau dapat pula dilakukan secara olah tanah sempurna (OTS), olah tanah minimum (OTM), Tanah yang tidak terkena traktor/bajak dincangkul selanjutnya di buat bedengan dan parit serta pematang untuk batas petakan.

Tanah dibiarkan + 1 minggu, dibuat bedengan dengan lebar 120 -180 cm
Diantara bedengan pertanaman dibuat saluran air (canal) dengan lebar 40-50 cm dan kedalaman 50 cm. Apabila pH tanah kurang dari 5,6 diberi Dolomit dosis + 1,5 ton/ha disebarkan di atas bedengan dan diaduk rata dengan tanah lalu biarkan 1 minggu. Kemudian pupuk kandang diaduk dengan tanah dan permukaan guludan dibuat rata. Pada musim penghujan permukaan guludan dibuat agak lebih tinggi agar tidak terendam air hujan. Tinggi guludan pada musim kemarau 30 cm dan musim hujan 40 cm.

Penulis : Dalmadi
Sumber :
http : // w.w.w smaall.erab.com,
http : // w.w.w. duniacybor.com

No comments:

Post a Comment